Sabtu, 19 April 2008

Analisis Artikel dan Foto

ANALISIS ARTIKEL DAN FOTO

PADA KORAN SEPUTAR INDONESIA EDISI KAMIS, 7 JUNI 2007 HALAMAN 34 RUBRIK LIFE STYLE KOLOM BEAUTY DENGAN JUDUL HINDARI PAPARAN MATAHARI

A. ANALISIS JUDUL

Judul dapat dikatakan sebagai inti tulisan, sebab judul terkadang mewakili isi tulisan. Namun sering juga dijumpai beberapa judul yang sangat menarik akan tetapi kurang sesuai dengan isi tulisan, dimaksudkan agar menarik pembaca untuk membaca tulisan tersebut. Dalam hal ini judul berfungsi sebagai pemikat pembaca. Hal tersebut dibenarkan, karena dalam kenyataannya kali pertama membaca suatu tulisan, seorang pembaca pasti terlebih dahulu membaca judul. Apabila terlihat menarik dan sesuai dengan yang dicari atau diinginkan, maka pembaca akan meneruskan kegiatan membacanya mulai teras berita, isi berita, bahkan hingga penutup.

Artikel yang dikutip melalui koran Seputar Indonesia edisi Kamis, 7 Juni 2007 halaman 34 ini berjudul Hindari Paparan Matahari. Dilihat dari judulnya sudah tampak menarik karena disesuaikan dengan keadaan saat ini, di mana banyak orang-orang yang merasa kepanasan yang sangat terutama saat siang hari akibat sinar matahari. Setelah membaca judul artikel tersebut akan muncul dalam benak pembaca-pembaca awam, mengapa perlu menghindari sinar matahari (?), apa saja bahaya bila tersengat sinar matahari secara terus-menerus (?), bagaimana solusinya terlebih lagi pembaca sering beraktivitas di luar rumah (?), dan sebagainya, sehingga menarik minat pembaca agar membaca lebih jauh keseluruhan isi tulisan tersebut. Hal ini membuktikan bahwa fungsi utama penulis memikat pembaca melalui judul yang menarik telah terwujud. Dikatakan menarik karena mampu memunculkan berbagai pertanyaan dalam benak pembaca. Dikatakan terwujud karena judul mampu menggiring pembaca untuk membaca isi tulisan lebih jauh lagi serta memahami isi tulisan lebih dalam lagi, meskipun di sini kemenarikan judul artikel juga dipengaruhi adanya gambar berita yang mendukung serta teras berita yang hidup. Gambar berita yang disertakan di sini berupa foto wajah wanita yang disentuh jari-jemari wanita itu sendiri dengan ekspresi wajah tampak resah sehingga sangat mendukung judul artikel (penjelasan lebih lengkap pada sub bahasan ketiga mengenai analisis foto). Sedangkan teras berita berisikan fakta alam serta dampak langsung terhadap kulit, juga disertakan sebuah pertanyaan mengenai bagaimana pencegahannya sehingga sayang untuk dilewatkan.

B. ANALISIS ISI

Setelah membaca secara seksama artikel di atas, akan diketahui bahwa isi artikel tersebut membahas mengenai bahaya sinar ultraviolet pada matahari terhadap kulit manusia. Kesehatan kulit merupakan tanggung jawab setiap pribadi walaupun masalah kesehatan kulit tersebut juga sangat dipengaruhi oleh alam salah satunya berupa sinar matahari. Akan tetapi bila diperhatikan lagi, lapisan ozon yang dapat menyaring sinar ultraviolet agar tidak langsung menyentuh bumi semakin menipis juga karena ulah manusia yang kurang ramah terhadap lingkungan. Mengeksploitasi sumber daya alam secara besar-besaran tanpa memperhatikan dampak berkelanjutan di masa depan berdampak besar terhadap kehancuran alam. Hal tersebutlah yang kini banyak diperbincangkan dan menjadi isu dunia, yaitu mengenai masalah pemanasan global atau global warming.

Artikel di atas ditulis dengan tujuan memaparkan bahaya sinar ultraviolet terhadap kulit manusia khususnya kulit wajah yang akibat terburuknya ialah kanker kulit. Apalagi di Indonesia, intensitas mataharinya sangat tinggi dibandingkan negara-negara lain di Asia serta paparan sinar ultravioletnya paling tinggi sedunia. Penanggulangan masalah tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dengan bertanggung jawab terhadap kesehatan dan kecantikan kulit melalui cara sederhana misalnya menggunakan krim anti ultraviolet.

Dalam artikel ini selain memaparkan mengenai bahaya sinar ultraviolet, juga bertujuan sebagai promosi suatu produk yang berhubungan dengan pembahasan yang dikemukakan sebelumnya. Pemaparan mengenai bahaya sinar ultraviolet terhadap kulit wajah mengarah pada promosi suatu produk kecantikan wajah berupa lotion yang mampu melawan radikal bebas, melindungi, serta mengembalikan fungsi normal kulit. Sehingga pemaparan sebelumnya pada isi artikel berhubungan dengan tujuan yang ingin disampaikan penulis yaitu promosi suatu produk.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa artikel tersebut selain memberikan informasi kepada pembaca mengenai suatu permasalahan, pada akhir isinya diberikan solusi yang sesuai. Meskipun inti tulisan tersebut ialah promosi suatu produk baru, namun penulis dapat mengemasnya menjadi suatu tulisan yang mampu menarik minat pembaca. Menggunakan bahasa yang sederhana serta mudah dipahami pembaca awam. Promosi dikemas dalam rangkaian kata yang tidak terkesan mencekoki pembaca dengan hal-hal yang berbau komersil melulu, melainkan juga memberikan informasi-informasi berharga mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

C. ANALISIS FOTO

Bila dikategorikan menurut situs www.pikiranrakyat.com mengenai bagian-bagian dalam foto jurnalistik, foto pada koran Seputar Indonesia edisi Kamis, 7 Juni 2007 halaman 34 yang berjudul Hindari Paparan Matahari ini termasuk foto feature. Foto feature adalah foto yang mendukung artikel. Hal tersebut sangat jelas karena foto sangat mendukung isi artikel. Artikel menjadi lebih menarik karena ditunjang kehadiran foto yang sesuai. Juga sebaliknya, penyertaan foto tanpa penjelasan dalam isi artikel akan membuat pembaca merasa kebingungan, apa maksud foto ini sebenarnya (?), apa yang dilakukan atau dirasakan wanita dalam foto ini sesungguhnya (?), mengapa wanita itu menyentuh pipinya sendiri (?), mengapa wanita itu tampak resah (?), dan pertanyaan-pertanyaan menggelikan lainnya yang pasti muncul.

Sesungguhnya krim yang ditawarkan dalam promo produk kecantikan ini tidak hanya dikhususkan pada kaum wanita. Pria pun dapat menggunakan produk ini karena fungsi serta manfaatnya yang sesuai untuk semua jenis kulit. Namun seorang wanita dipilih sebagai objek dalam foto berita ini karena wanita identik dengan masalah kulit. Wanita lebih perhatian dengan kulit dan masalah-masalah yang dapat mengurangi kecantikan kulit. Serta wanita lebih peduli terhadap kesehatan kulit. Sehingga lebih sesuai bila objek dalam foto berita adalah seorang wanita muda dengan ekspresi wajah sedikit resah, sembari menyentuh kulit wajahnya perlahan, dan berada di luar ruangan dengan terik sinar matahari yang tampak menyengat. Hal tersebut terkesan paparan matahari langsung yang mengandung sinar ultraviolet memang sangat mengganggu aktivitas manusia secara langsung sekaligus berdampak negatif di masa depan.

Tidak ada komentar: